PENGERTIAN ADMNISTRASI

PengertianAdministrasi

Secara etimologis, administrasi berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata ad yang berarti intensif                  
dan ministraire  yang  berarti  to serve  (melayani).  Literatur  lain  menjelaskan  bahwa adrnlnlstrasi
merupakan terjemahan dari bahasa lnggris yaitu administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer. Kata administrasi juga berasal dari bahasa Belanda, administratie yang meliputi kegiatan catat mencatat, surat menyurat,  pembukuan ringan,  ketik mengetik, agenda, dan sebagainya yang
bersifat teknis ketatausahaan(clerica/itywork)
Berikut ini beberapa definisi mengenai administrasi.
1.   Leonard D. White
Dalam bi.Jkunya  "Introduction  to The Study of Public Administration" administrasi  adalah suatu
'proses yang pada umumnya terdapat pada semua kelompok  negara swasta, sipi1  atau militer,
usaha besar maupun usaha berskala kecil, dan sebagainya.
2.  William  H. Newman
Dalam bukunya ''l\dministrativeAction"administrasi didefinisikan sebagai pedoman atau petunjuk,
kepemimpinan,  dan pengawasan dari usaha-usaha kelompok individu-individu guna tercapainytujuan bersama.                                                                                                             ·                                                                                     
3.  H. A. Simmon Cs.
Dalam  bukunya  "Public Administration" administrasi  adalah  sebaqai  kegiatan  kelompok  yang  
mengadakan  kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
4.   Jhon M.P. Simmonn Cs.
5.  Oxford Advanced  Learner's Dictionary of Current English

Dalam OxfordAdvanced Learner's Dictionary of Current English kata administer diartikan sebagai to manage (mengelola) atau to direct (menggerakkan).




6.  Liang Gie                                                                                                                              Administrasi  adalah   segenap  rangkaian  kegiatan   penataan   terhadap pekerjaan  pokok  yang    dilakukan oleh sekelompok orang dalam  kerja sarna mencapai tujuan  tertentu   
 jadi dapat di simpulkan  bahwa definisi administrasi adalah sebagai berikut           
1.  Aktivitas-aktivitas untuk mencapai  suatu tujuan atau sebagai  proses penyelenggaraan      kerja untuk mencapai suatu tujuan  yang telah ditentukan sebelumnya
2.  Administrasi adalah  suatu bentuk daya upaya manusla  yang kooperatif, yang mempunyai tingkat 1Aktivitas-aktivitas untuk mencapai  suatu tujuan atau sebagai  proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai suatu tujuan  yang telah ditentukan sebelumnya. rasionalitas yang tinggi.                                                                                                                                   
3.  Administrasi adalah suatu ilmu yang mempelajari apa yang dikehendaki manusia dan caramereka memperolehnya.                                                                                                                     
4.  Administrasi mementingkan aspek-aspek konkret  dari  metode-metode dan  prosedur-prosedur manajemen di mana  kerja sama  merupakan unsur utama.

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR DAN FUNGSI TULANG

PASAL UUD 1945 YANG MENGATUR TENTANG WILAYAH NEGARA

Contoh Format Untuk Pencairan PIP Ke BANK