PERUBAHAN BENDA

Kondisi yang Memengaruhi  Perubahan Benda
Kondisi  yang  memengaruhi perubahan benda,  antara  lain  berikut.
1.     Pelapukan
Pelapukan adalah  proses  yang  berhubungan dengan  penghancuran bahan,  baik yang  berasal dari makhluk  hidup maupun  makhluk  tak hidup.  Pelapukan dibedakan menjadi  dua jenis,  yaitu pelapukan biologis  dan pelapukan mekanik.  Pelapukan biologis  disebabkan oleh  aktivitas organisme, yaitu jamur dan jasad  renik lainya. Misalnya,  kayu yang awalnya  keras, lama-kelamaan akan hancur. Adapun  pelapukan mekanik  terjadi  akibat  suhu, tekanan,  angin,  dan air.
2.    Perkaratan Logam
Loqarn yang dibiarkan di udara terbuka akan berkarat. Perkaratan terjadi  karena logam besi bereaksi dengan  air dan oksigen.  Perkaratan dapat  dicegah  dengan  menyimpan logam  di tempat yang  kering.  Selain  itu,  perkaratan juga  dapat  dicegah  dengan  pengecatan.
3.    Pembusukan
Pembusukan adalah·proses perubahan benda  yang  berasal  dari makhluk  hidup akibat  bakteri atau jamur sehingga rusak  dan berbau. Pembusukan dapat  terjadi  pada  makanan  dan buah-buahan.  Makanan dan buah-buahan yang busuk tidak boleh dimakan.  Untuk menghambat pembusukanmakanan dan buah-buahan dapat disimpan di dalam lemari es agar mikroorganisme tidak dapat berkembang.                                                                                       ·
Cara tradisional yang dapat dilakukan untuk mencegah pembusukan adalah  berikut. 
a.Pengeringan,  misalnya  pembuatan  selai  pisang  dan ikan   asin.
b.  Penambahan gula,  misalnya  pembuatan manisan  buah-buahan.

B.   Faktor-faktor yang Memengaruhi  Perubahan Benda

Perubahan  benda  dapat  disebabkan oleh  beberapa faktor,  antara  lain                   suhu,  kelembabankuman, dari waktu.                                                        ·
C.   Pemilihan dan Pemanfaatan  Benda

 Benda-benda  di sekitar  kita  dapat digolongkan  berdasarkan  bahan penyusunnya. Contohnya benda  yang terbuat dari logamkaret, kayu,    plastik,  dan kaca.
1.     Logam
Sifat-sifat logam yang dapat  dimanfaatkan adalah  padat, mengilap,  dapat  ditempa,  sebagai penghantar listrik dan  panas,  serta  dapat  membentuk paduan  logam. Contoh  benda  yang  menggunakan  logam  adalah  setrika,  pisau, dan pagar rumah.
2.    Karet
Karet memiliki  sifat rnudah  dibentuk, kenyal,  lentur, dan mudah  direnggangkan. Contoh pe- manfaatan  karet adalah  untuk pembuatan ban kendaraan bermotor,  hak sepatu,  dan balon.
3.    Kayu
kayu mudah  dibentuk dan keras.  Kayu banyak dimanfaatkan untuk membuat perabot  rumah tangga,  misalnya  meja,  kursi, dan lemari.

4. Plastik
Plastik   merupakan  bahan   yang  palin banyak   digunakan  karena  sifatnya  yan mudah dibentuk.  Misalnya  kursi  plastik· dan rak plastik

5.     Kaca
Kaca memiliki sifat keras, biasanya bening, dan mudah pecah. Kaca banyak dimanfaatkan untuk cermin, kaca mobil, bohlam, lampu dan kaca rumah

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR DAN FUNGSI TULANG

PASAL UUD 1945 YANG MENGATUR TENTANG WILAYAH NEGARA

Contoh Format Untuk Pencairan PIP Ke BANK