SEL-SEL DARAH DAN PLASMA DARAH

Sel-sel Darah
Hamper 45% dari volume darah manusia merupakan sel-sel darah. Sel-sel darah terdiri dari tiga macam, yaitu eritrosit ( sel darah merah), leukosit ( sel darah putih), dan trombosit ( sel darah pembeku)
a.       Eritrosit ( sel darah Merah)
Ciri-ciri eritrosit: bentuk bikonkaf dan tidak berinti; jumlah darah pada pria dewasa ± 5juta/mm3, pada wanita dewasa ±4juta/mm3: dibentuk di sum-sum merah tulang pipih, limfa, dan hati ( saat dalam rahim); memiliki pigmen respirasi yaitu hemoglobin (Hb) yang berfungsi mengangkut O2 dan CO2; berumur ±127 hari
b.      Leukosit ( Sel Darah Putih )
1.       Ciri-ciri Leukosit: bentuk bervariasi, memiliki inti, dapat bergerak bebas secara ameboid, serta dapat menembus dinding kapiler disebut diapedesis; jumlahnya 6.000-9.000/mm3 bila jumlahnya kurang dari 6.000/mm3 disebut leukopenia, tetapi bila jumlahnya lebih dari 9.000/mm3 disebut leokositosis; dibentuk di sumsum merah ( tulang pipa), limpa, dan kelenjar limfa; berumur sekitar 12 hari; berfungsi melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh dengan cara memakannya disebut fagositosis, mengangkut lemak pada pembuluh kil dan pembuluk limfa, dan menghasilkanzat kebal terutama limposit yang dapat menghasilkan antibody sesuai dengan antigen yang akan dilawannya.
2.       Leukosit dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu granulosit (plasmanya bergranula) dan agranulosit (plasmanya tak bergranula). Leukosit granulosit terdiri dari neutrofil, basofil, dan eosinofil. Leukosit agranulosit terdiri dari monosit dan limfosit. Dari total keseluruhan sel darah putih, jumlah neutrofil sekitar 50%-70%.
c.        Trombosit ( sel darah pembeku/keeping Darah)
1.       Ciri-ciri trombosit: bentuk tidak teratur sehingga di sebut keeping darah; jumlahnya 200.000-300.000/mm3; dibentuk didalam megakariosit sumsum merah tulang; berumur sekitar 8 hari; dan berperan besar dalam proses penbekuan darah.

2.       Mekanisme pembekuan darah dapat diamati pada saat kita terluka, misalnya jari kita tersiris pisau, darah keluar dan beberapa saat kemudian akan segera membeku. Mengapa demikian? Hal ini karena mejanisme pembekuan darah yang dilakukan oleh trombosit.

Plasma darah
Plasma darah mengisi sekitar 55% dari totak volume darah. Plasma darah berfungsi mengatur tekanan osmosis darah, membawa sari-sari makanan, sisa metabolism, hasil sekresi, dan beberapa gas. Plasma darah terdiri dari sebagai berikut.
a.       Air sebanyak 90%
b.      Protein darah sebanyak 8% terdiri dari fibrinogen disebut serum. Serum mengandung zat antibody yang berfungsi membinasakan frotein asing yang masuk kedalam tubuh.
c.       Garam mineral sebanyak 0,9% terdiri dari NaCl, NaHCO3, garam kalsium, fosfor, magnesium, dan besi.
d.      Bahan organic sebanyak 0,1% terdiri dari glukosa, asam amino, lemak, urea, asam urat, enzim, dan antigen.

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR DAN FUNGSI TULANG

PASAL UUD 1945 YANG MENGATUR TENTANG WILAYAH NEGARA

Contoh Format Untuk Pencairan PIP Ke BANK