STRUKTUR DAN FUNGSI SENDI DAN OTOT



  1. Sendi
di dalam tubuh, rangka kita tersusun oleh banyak tulang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tulang-tulang itu tersusun sedemikian rupa sehingga satu sama lain membentuk sendi (persendian). Berdasarkan sifat geraknya, hubungan antar tulang dibedakan menjadi tiga macam yaitu sebagai berikut.

a. Diartrosis adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan sangat leluasa. Macam-macam diartrosis berdasarkan tipe gerakannya adalah sebagai berikut.
  • Sendi peluru, berporos tiga, gerakannya ke segala arah. Contoh: tulang lengan atas dengan tulang belikat dan tulang paha dengan tulang pinggul.
  • Sendi engsel, berporos satu, gerakannya searah. Contoh: sendi antara tulang siku, lutut, ruas antar jari, dan mata kaki.
  • Sendi putar, berporos satu, gerakan memutar (rotasi). Contoh: sendi antar tulang kepala dan tulang atlas serta tulang hasta dan tulang pengumpil.
  • Sendi gulung (ovoid), berporos dua, bergerak ke samping dan maju mundur tetapi tidak mengitari poros. Contoh: sendi antara tulang telapak tangan dan tulang pengumpil.
  • Sendi pelana, berporos dua, gerakan seperti orang naik kuda. Contoh: tulang ibu jari serta tulang antara metacarpal dan carpal (telapak tangan).
  • Sendi kaku/sendi luncur,  tidak berporos, kedua ujung tulang agak rata, dan menghasilkan gerakan geser. Contoh: sendi pada tulang-tulang telapak tangan dan telapak kaki.

b. Amfiartosis adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan sedikit gerakan. Amfiartosi dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.
  • Simfisis,  sendi dihubungkan oleh kartigalo serabut pipih. Contoh: pada sendi antar tulang belakang dan pada tulang kemaluan.
  • Sindesmosis, sendi dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligament. Contoh: sendi antara tulang betis dan tulang kering.



c. Sinartrosis adalah hubungan antar tulang yang tidak memungkinkan adanya gerakan. Ada dua jenis sinartrosis yaitu sebagai berikut.
  • Sinfibrosis yaitu kedua tulang disatukan oleh jaringan ikat. Contoh: hubungan antar tulang tengkorak (sutura) pada bayi.
  • Sinkondrosis yaitu kedua tulang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan hialin. Contoh: hubungan antar ruas tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang dada.


 2. Otot
Otot merupakan alat gerak aktif. Otot mempunyai tiga kemampuan spesifik, yaitu kemampuan untuk memendek (kontraksibilitas), kemampuan untuk memanjang (ekstensibilitas), dan kemampuan untuk kembali ke ukuran semula (elastisitas).
Menurut jenisnya ada tiga macam otot, yaitu sebagai berikut.
  • Otot lurik, ciri-ciri: bentuk silindris dengan garis gelap terang; melekat pada rangka; nucleus banyak di tepi; bekerja secara sadar; gerak cepat, teratur, dan mudah lelah; otot lurik tersusun dari serabut-serabut otot atau myofibril yang berinti banyak; miofribil dalam plasma berwarna gelap dan terang, tersusun teratur, dan tampak bergaris sehingga disebut otot serat lintang atau otot lurik; miofibril membentuk kumpulan serabut yang disebut otot atau daging, tiap kumpulan serabut dilindungi oleh selaput yang disebut fasia propria, sedangkan otot atau daging dilindungi oleh selaput fasia superfisialis; biasanya gabungan otot berbentuk kumparan dengan bagian tengahnya menggelembung disebut empal atau ventrikel; sementara itu, bagian tepi gabungan otot tersebut mengecil disebut urat otot atau tendon; setiap otot memiliki dua buah tendon atau lebih; tendon yang melekat pada tulang yang bergerak disebut insersio, sedangkan tendon yang melekat pada tulang yang tidak bergerak disebut origo.
  • Otot jantung, ciri-ciri: bentuk panjang, silindris bercabang-cabang; jumlah inti sel banyak, terletak di tengah serabut; kerja tidak dipengaruhi kesadaran; gerak teratur, tidak cepat lelah; hanya terdapat pada jantung.
  • Otot polos, ciri-ciri: bentuk gelendong, ujung meruncing; jumlah inti sel satu, terletak di tengah sel; kerja tidak dipengaruhi kesadaran; gerak lambat, teratur, dan tidak cepat lelah; terdapat pada dinding saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan pembuluh darah sehingga sering disebut otot alat-alat dalam.

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR DAN FUNGSI TULANG

PASAL UUD 1945 YANG MENGATUR TENTANG WILAYAH NEGARA

Contoh Format Untuk Pencairan PIP Ke BANK